Connect with us

Berita Kwarcab Kabupaten Tangerang

SDIT Latansa Cendekia Menjadi Barung Tergiat di Pesta Siaga

Published

on

Muhammad Asyam Harrist M (Kelas 4 SDIT Latansa Cendekia) saat menjadi Sulung untuk menjemput Yanda Adiyat Ketua harian Kwarcab Tangerang.

TANGERANG– Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Latansa Cendekia Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis  Kabupaten Tangerang menjadi juara umum dalam Pesta Siaga Sako Wilayah Banten Korda 2 Gerakan Pramuka Satuan Sekolah Islam Terpadu di Bumi Perkemahan Kitri Bakti Curug Kab. Tangerang, Rabu (06/11/2019). Dalam sambutannya Ketua Harian Gerakan Pramuka  Kwartir Cabang Tangerang Adiyat Nur yasin menjelaskan sikap kejujuran bagi anak anak dalam pesta siaga ini menjadi prioritas untuk menanamkan nilai nilai budi pekerti kepada anak.

Adiyat  juga meminta agar setiap peserta dapat menjaga kesehatannya sehingga dapat melaksanakan tugas dalam Pesta Siaga dengan penuh semangat ‘Bhineka Tunggal Ika’, dengan mewujudkan kerjasama yang kompak dengan sesama anggota barung. “Dengan kekompakan ini kalian dapat mencapai prestasi yang baik dan menjadi duta dari masing masing sekolah / gugusdepan,” tandasnya.

Pembina Siaga Putri SDIT Latansa Cendikia Endang Sri Rejeki menyebutkan di ajang Pesta Siaga tersebut sekolahnya mengirimkan 6 siswa putra dan 6 siswa putri berusia 7-10 tahun atau 1 Barung Putra dan 1 Barung Putri. Mereka berhasil mendapatkan juara umum dan meraih Barung Tergiat dalam Pesta Siaga, tegasnya.

Dewi Utami (Mabigus SDIT Latansa Cendekia) mengatakan Keberhasilan tersebut berkat penerapan sikap, keterampilan dan kecakapan yang dipelajari di dalam kelas dan di luar kelas. Selain itu didukung dengan pembinaan guru dan support orang tua.

Gerakan Pramuka siaga ini bisa membentuk karakter dan ketangkasan siswa. Karakter diwujudkan dengan sikap disiplin dan tanggung jawab. Sedangkan ketangkasan ditunjukkan dengan diraihnya gelar juara umum dan menjadi Barung Tergiat di Pesta Siaga ini.

“Alhamdulillah pada lomba Pesta Siaga Wilayah Banten Korda 2  Satuan Sekolah Islam Terpadu berhasil menjadi juara umum. Karena beberapa lomba yang dilaksanakan seperti ;

  1. Pengetahuan Kepramukaan mendapat Juara 1 barung Putra dan Putri.
  2. Tali Temali mendapat Juara 2 untuk Barung Putra dan Putri.
  3. Keagamaan mendapat Juara 2 barung Putra dan Putri, dan
  4. Karnaval Mendapat Juara 1 untuk Barung Putra dan Putri.

Dan Hasil akhir dari penilaian Juri Pesta Siaga Sako Wilayah Banten Korda 2 Gerakan Pramuka Satuan Sekolah Islam Terpadu di Bumi Perkemahan Kitri Bakti Curug Kab. Tangerang, menetapkan bahwa SDIT Latansa Cendekia menjadi Juara Umum atau menjadi Barung Tergiat 1 untuk Putra dan Barung Tergiat 1 untuk Putri.

Pesta Siaga menjadi salah satu ajang memupuk prestasi di bidang Kepramukaan. Hal itu sangat menjadikan kegiatan ekstra kurikuler wajib semakin menarik. Berbagai kecakapan, keterampilan, dan ketangkasan diajarkan kepada Pramuka di usia Siaga di lembaga pendidikan dasar. (K’Zhe)

Sumber berita Scout Magazine

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Kwarcab Kabupaten Tangerang

Pramuka SMA Islamic Village Adakan Musam

Published

on

KELAPA DUA, Gerakan Pramuka Gugusdepan 26.009 dan 26.010 SMA Islamic Village Tangerang mengadakan Musyawarah Ambalan Kihajar Dewantara dan Cut Nya Dien. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00-16.00 WIB di ruang aula lt. 4 SMA Islamic Village ini bertujuan untuk memilih Pradana Putra dan Putri yang baru untuk periode tahun 2019-2020.

Musyawarah Ambalan adalah media pendidikan partisipatif yang memberikan pengalaman langsung kepada para Penegak untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi, prinsip-prinsip musyawarah untuk mufakat, prinsip-prinsip menggunakan hak suara dan hak bicara secara sopan, efektif dan argumentatif, prinsip-prinsip pengambilan keputusan yang demokrtais-transparan dan akuntabel, prinsip-prinsip penyusunan peraturan kehidupan organisasi dan adat tradisi Ambalan yang aspiratif, serta berbagai pengalaman partisipatif lainnya yang akan sangat bermanfaat bagi masa depan Penegak itu sendiri.


Ketua Kwartir Ranting Kelapa Dua Ka Imron, membuka secara langsung kegiatan Musyawarah Ambalan dan dihadiri pula oleh Mabigus, Para Pembina dan beberapa Guru SMA Islamic Village, Rabu (06/11/2019).
Dalam sambutnya menyampaikan bahwa Pradana adalah sosok yang memiliki peranan yang sangat penting dalam berjalannya roda organisasi di Ambalan. Pradana selaku pemimpin memiliki kewajiban untuk mengkoordinasikan dan mengontrol semua kinerja pengurus Dewan Ambalan dan bertanggung jawab atas semua kegiatan di Ambalan, Jelas Ka Imron.


Sementara Ka Ali Haedar Mabigus SMA Islamic Village berharap kegiatan kepramukaan di Ambalan Ki Hajar Dewantara dan Cut Nya Dien semakin maju dan berprestasi, sesuai dengan tema kegiatan musyawarah ambalan “ Bekerja Untuk Kaum Muda Mewariskan Yang Terbaik Untuk Bangsa “.

Kegiatan Musyawarah Ambalan yang berpangkalan di SMA Islamic Village ini diikuti oleh 48 Anggota yang diketuai oleh Ka Rajab ( Ambalan Ki Hajar Dewantara ) dan Ka Irmayanti ( Ambalan Cut Nya Dien ).


Musyawarah Ambalan adalah forum tertinggi para Pramuka Penegak di bawah bimbingan Pembina Penegak. Musyawarah Ambalan juga sebagai alat penyalur aspirasi tentang arah kegiatan dan pengelolaan berbagai aspek kehidupan ambalan ke depan, dilaksanakan sekurang-kurangnya 1 tahun sekali dan dalam kondisi khusus dapat diselenggarakan Musyawarah Ambalan Luar Biasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. ( K’ Zhe )

Continue Reading

Berita Kwarcab Kabupaten Tangerang

Kwarcab Tangerang Gandeng Scout Magazine Adakan Pelatihan Fotografi dan Jurnalis

Published

on

TANGERANG, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kab Tangerang dalam upaya memberikan edukasi tentang dunia Fotografi dan Jurnalis kepada anggota Pramuka yang bekerja sama dengan CV. 29 Scouts Magazine dalam waktu dekat akan mengadakan workshop Fotografi dan Jurnalis.

Hal ini disampaikan dalam rapat pertemuan dengan seluruh sekretaris Kwartir Ranting Se Kabupaten Tangerang dengan Scouts Magazine yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Kwartir Cabang Kab Tangerang Ka Dadang, Sabtu (02/11/2019), di ruang rapat Kwartir Cabang Kab Tangerang.

Ka Dadang dalam arahannya kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Desember 2019 bertempat di Bumi Perkemahan Kitri Bakti Curug Tangerang. Kegiatan ini akan di ikuti oleh utusan dari 29 Kwartir Ranting Se Kabupaten Tangerang.

Pimpinan Scout Magazine Muhammad Dori menyampaikan bahwa Fotografi merupakan suatu bentuk seni visual yang tidak bergerak. Pandangan, pendapat, dan persepsi setiap orang terhadap suatu hasil karya fotografi dapat berbeda-beda, tergantung dari sisi mana seseorang melihatnya. Fotografi pun dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bidang. Untuk itu Dori (Direktur Scout Magazine) menyambut baik dengan rencana kegiatan ini.

Fotografi adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Fotografi sebagai istilah umumnya berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini disebut kamera, ungkap Dori.

Andalan Cabang urusan Kehumasan Ka Willy, Pelatihan Fotografi dan Jurnalis ini adalah merupakan program kerja Kwartir Cabang Kab Tangerang tahun 2019, dan Insyaallah akan direalisasikan pada Desember mendatang.

Fotografi mulai digemari oleh masyarakat luas khususnya anak anak Pramuka. Dahulu fotografi hanya digunakan untuk mengabadikan momen-momen tertentu dan orang yang mempunyai kamera relatif sedikit. Pada waktu itu kamera memiliki harga yang mahal. Saat ini teknologi telah memudahkan masyarakat untuk memperoleh gambar melalui smartphone yang telah dilengkapi oleh fitur kamera berkualitas. Fotografi tidak hanya dilakukan oleh seorang fotografer, tetapi semua orang termasuk anggota Pramuka, yang belakangan ini telah menguasai berbagai teknik pengambilan gambar yang menarik dan indah. Fotografi yang saat ini menjadi popular dikalangan remaja (Pramuka) terutama dengan adanya media sosial yang berbasis fotografi seperti instagram. Kemudahan dalam mengupload berbagai foto di media sosial tersebut menjadikan fotografi sebagai konsumsi masyarakat dan juga anak anak Pramuka, jelas Willy.

(K’Zhe)

Continue Reading

Berita Kwarcab Kabupaten Tangerang

Pasar Kemis Raih SBH Tergiat di Kwarcab Tangerang

Published

on

PASARKEMIS, (27/09/19) Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Pasarkemis, dibawah pembinaan Puskesmas Pasarkemis pada tahun ini menerima Penghargaan Sebagai Saka Bakti Husada Tergiat I Tingkat Kabupaten Tangerang dari 29 Kecamatan Se-Kabupaten Tangerang.

Penghargaan diberikan oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang Kak Drs. H. Moch. Maesyal Rasyid, M.Si. pada kesempatan Pembukaan Kegiatan Latgab SBH Tingkat Cabang Kabupaten Tangerang, yang bertempat di Aula Gedung Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kab. Tangerang. Penghargaan diterima oleh Kak Parsih, S.Pd selaku Pamong Putri SBH Pasarkemis, penghargaan ini merupakan bentuk Apresiasi Saka Bakti Husada (SBH) Tingkat Cabang Kabupaten Tangerang kepada SBH Tingkat Ranting yang senantiasa berperan aktif di masyarakat dalam memberikan bimbingan penyuluhan kesehatan, terlibat dalam kegiatan Sosial Kemasyarakatan, relawan bencana alam, aktif memberikan bimbingan, penyuluhan, pembinaan Kesehatan pada anak SD, SMP dan SMA sederajat. Senantiasa terlibat dalam berbagai lomba kesehatan berbasis lingkungan baik ditingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional.

Tidak hanya itu SBH Pasarkemis juga selalu terlibat dalam berbagai kegiatan Puskesmas seperti dalam pekan Imunisasi, Posyandu, Penyuluhan Kesehatan Remaja, Lingkungan, dan PHBS. Selain hal tersebut SBH Pasarkemis juga mempunyai Program Unggulan Sebagai SBH yang mewajibkan anggotanya memiliki kulaifikasi pengetahuan dasar TOGA sebagai salah satu TKK Wajib yang harus dikuasai.

Tidak kalah penting mengapa SBH Pasarkemis mendapatkan penghargaan sebagai Saka Bakti Husada Tergiat I adalah karena memiliki Kelengkapan Administrasi, Pembukuan, dan Peralatan yang lengkap sebagai bagian yang tak terpisahkan dan wajib dimiliki oleh setiap Organisasi yang semestinya harus terpenuhi.

Selain itu SBH Pasarkemis memiliki Struktur Kepengurusan yang saling berperan aktif dan saling mendukung satu sama lainnya.

Dibawah pembinaan Kepala Puskesmas Kak dr. Hj. Salwah selaku Ketua Mabisaka dan Bimbingan Kasubag TU Kak H. Ade Dahyani, S.KP selaku Pimpinan, SBH Pasarkemis terus berupaya meningkatkan peran serta keanggotaan dalam berbagai kegiatan kesehatan.

Hal demikianlah yang mengantarkan SBH Pasarkemis meraih Penghargaan Sebagai Saka Bakti Husada Tergiat I Tingkat Cabang Kabupetan Tangerang. Ini juga tak luput dari dukungan Kwratir Ranting Pasarkemis sebagai Wadah Pembinaan materi Kepramukaan. (Red. IrwanSBH

Continue Reading

Berita Utama

Copyright © 2019. Humas Kwarda Banten.

New offer: This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss