Connect with us

Berita Kwarda

Jambore Daerah III Banten Tahun 2019

Published

on

Kwartir Daerah (Kwarda) Banten menggelar Jambore Daerah (Jamda) III di Bumi Perkemahan (Buper) Cikujang, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, dimulai dari 26-30 Oktober 2019.

Gubernur Banten Wahidin Halim, dalam sambutannya yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Eneng Nurcahyati, Minggu (27/10/2019) mengucapkan penghargaan yang setingi-tinginya kepada Kwarda Banten yang berhasil melaksanakan kegiatan Jamda III ini.

“Tentunya, dengan tujuan yang sejalan dengan tujuan gerakan pramuka, yaitu menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang memiliki watak dan budi pekerti luhur, dapat menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa, serta bertanggung jawab mengisi kemerdekaan nasional,” ujarnya.

Mudah-mudahan, hasil dari kegiatan ini sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai, yaitu meningkatkan kemampuan fisik, mental, pengetahuan, disiplin, rasa tanggung jawab, serta kesetian terhadap organisasi Pramuka, lanjutnya.

“Saya berpesan kepada para peserta supaya menjaga kesehatan, persaudaraan, dan ikutilah seluruh kegiatan ini dengan baik. Kepada panitia, jaga keamanan, keselamatan, dan optimalkan kegiatan yang sudah direncanakan,” ucapnya.

“Jamda III ini merupakan kegiatan pertemuan besar pramuka penggalang dalam bentuk rekreatif dan edukatif,” Ucap Babay, Ketua Pelaksana Jamda III Banten.

Tujuan kegiatan ini, sambungnya, untuk meningkatan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, dan komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan gerakan pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.

“Jumlah total peserta, bindamping (pembina pendamping), serta pinkon (pimpinan kontingen) sebanyak 533 yang berasal dari 8 kabupaten kota se-Kwarda Banten. Masing-masing kwarcab (kwartir cabang) mengirim 64 peserta dan 8 anggota dewasa,” lanjutnya.

Babay menambahkan, Jamda ini memberikan teori dan praktik aplikatif kekinian dalam berbagai bidang keterampilan, seperti robotik, sinematografi, dan internet sehat.

“Selain itu, diberikan pula global development village dan life skill sebagai bekal keterampilan Pramuka penggalang yang akan menjadi pemimpin Indonesia di masa datang,” ujarnya. (K’Zhe)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Kwarda

Mascot Jambore Daerah III Pramuka Banten Tahun 2019

Published

on

uploads/2019/10/jamdabanten3.jpg

Si Lilon

Surili ( Presbytis Aigula )

Merupakan satwa endemik yang langka dan dilindungi, yang terdapat diwilayah gunung Honje Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Hewan ini adalah kelompok Primata yang merupakan kerabat dekat lutung abu ( Presbytis fredericae ).

Surili memiliki warna abu abu, berekor Panjang dengan jambul di kepala. Jumlah populasi surili di TNUK sangat kecil dan terancam punah.

Maskot Jambore Daerah III Pramuka Banten Tahun 2019 bernama “ SI LILON “ yang merupakan singkatan dari “ Surili Ujung Kulon “.

Maskot SI LILON menggunakan seragam pramuka penggalang legkap dengan atribut dan mengenakan Lomar Suku Baduy yang mempresentasikan Pramuka Penggalang Kwarda Banten yang baik dan cerdas. Tangan Tangan memegang tongkat berwarna merah serta tangan kiri melambaikan tangan sebagai simbol kader pemimpin yang kesatria dan simbol penyapaan yang ramah kepada peserta Jambore Daerah III Pramuka Banten Tahun 2019 di bumi perkemahan Cikujang Pandeglang.

Continue Reading

Berita Kwarda

KMD / KML Kwarda Banten Tahun 2019

Published

on

Untuk memberikan bekal kepramukaan bagi para pembina pramuka ditingkat gugusdepan khususnya diwilayah Kwarda Banten, Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Banten mengadakan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan ( KML ), Kegiatan ini dilaksanakan mulai 18 – 23 Oktober 2019.

Upacara pembukaan dilaksanakan pada hari Jum’at (18/10) bertempat di Aula Kwartir Daerah Banten. Dihadiri oleh Wakil Ketua Kwarda Bidang Binawasa Ka H. Cepi Saprul Alam Sebagai Pembina Upacara, Ketua Pusdiklatda Banten Ka A. Juhaeni, Sekretaris Kwarda Ka Satibi, Para Pelatih dari Kwarda Banten dan Kwarcab, Para Andalan Daerah Kwarda Banten, serta seluruh peserta KMD/KML Kwartir Daerah Banten Tahun 2019.

Dalam Upacara pembukaan secara resmi dan simbolis dilaksanakan penyerahan tunggul Latih dari Ka Pusdiklatda ke Pimpinan Kursus (Kak Dadan Suhendar) dan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta KMD dan KML. Dalam kegiatan ini, peserta berjumlah 160 orang dengan rincian Peserta KMD berjumlah 80 Orang dan Peserta KML 80 Orang.

Secara resmi pembukaan acara dibuka oleh Wakil Ketua Kwarda Banten, Drs. H. Cepi Saprul Alam dimana dalam sambutannya mengatakan hendaknya semua peserta dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir tanpa terputus sehingga materi kursus dapat diserap dengan baik. Dalam kegiatan kursus ini para peserta akan dibekali dengan keterampilan Kepramukaan Siaga dan Keterampilan Kepramukaan Penegak, Administrasi Gugusdepan, Struktur Organisasi Gudep dan Nasional, Praktek Kegiatan Scouting Skill dan Out door Activity di Halaman Kwarda Banten dimulai hari Jum’at, 18 Oktober 2019. Dengan waktu yang bersamaan H Cepi juga resmi membuka giat Jota Joti Kwarda Banten, giat Jota Joti sendiri dilaksanakan mulai 18 – 20 Oktober 2019.

Selanjutnya ka Cepi berharap Semoga kegiatan Kursus Mahir Dasar ( KMD ) dan Kursus Mahir lanjutan ( KML ) Kwartir Daerah Banten ini berjalan dengan lancar dan harapannya semoga membawa kebaikan bagi kemajuan di Pramuka secara keseluruhan. ( K’Zhe )

Continue Reading

Berita Kwarda

Kwarda Banten Gelar Diklat Sismintir

Published

on

KOTA SERANG, Ketua Kwartir Daerah Banten H Mohammad Masduki yang didampingi oleh Waka Pusdiklatda Banten Ka Eni Arumita pada Jum’at 11 Oktober 2019 membuka Kursus Sistem Administrasi Kwartir ( Sismintir ) tingkat Kwartir Daerah Banten.


Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ) Sismintir ini diikuti oleh 160 Peserta yang merupakan utusan Sekretaris Kwartir Ranting se Banten.
Dalam sambutannya Kak Masduki menyampaikan terimakasih kepada seluruh kwartir ranting atas keikutsertaanya dalam kegiatan Kursus Sismintir ini.
Lanjutnya bahwa administrasi adalah salah satu tolok ukur bagi kinerja sebuah organisasi yang dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lebih lama sebagai sebuah dokumentasi. Segala kegiatan yang direncanakan, dikerjakan dan dilaporkan dapat terlihat baik dari adanya administrasi. Paradigma sekarang ini, administrasi tidak hanya berbasis offline ataupun cetak, tetapi juga berbasis Online yang dapat dengan mudah di akses, kata Masduki.


Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang profesional dan sudah dikenal sebagai organisasi yang tertib harus dapat menjadi contoh pengelolaan administrasi yang baik sesuai Petunjuk Peraturan yang ada ( Jukran No. 162 Tahun 2011 ).
Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan penjabaran program Kwartir Daerah Banten Tahun 2019 bidang Organisasi dan Hukum.

Asep Herman dalam laporanya mengatakan bahwa Kursus ini merupakan Pendidikan dan Pelatihan Sistem Administrasi Kwartir ( Sismintir ) yang bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman kepada para pengurus kwartir dalam pelaksanaan fungsi administrasi kwartir ranting, Kegiatan ini dilaksanakan dari 11 – 13 Oktober 2019 yang bertempat di Aula Kwartir Daerah Banten.
Dalam kesempatan itu hadir pula para pengurus kwartir daerah, Unsur Pusdilatda, Puslitbangda dan beberapa anggota Dewan Kerja Daerah Banten ( K’ZHE).

Continue Reading

Berita Utama

Copyright © 2019. Humas Kwarda Banten.

New offer: This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss