Connect with us

Uncategorized

Kwarda Banten Laksanakan Kursus Pengelolaan Kwartir

Published

on

Dalam upaya memberikan pengetahuan tentang tata cara melakukan pengelolaan kwartir itu sendiri, gerakan pramuka Banten menggelar Kursus Pengelolaan Kwartir. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus dan badan kelengkapan kwartir yang dilaksanakan dari tanggal 03- 04 Mei 2019 bertempat di Aula Kwarda kota Serang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Kwarda

Mascot Jambore Daerah III Pramuka Banten Tahun 2019

Published

on

uploads/2019/10/jamdabanten3.jpg

Si Lilon

Surili ( Presbytis Aigula )

Merupakan satwa endemik yang langka dan dilindungi, yang terdapat diwilayah gunung Honje Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Hewan ini adalah kelompok Primata yang merupakan kerabat dekat lutung abu ( Presbytis fredericae ).

Surili memiliki warna abu abu, berekor Panjang dengan jambul di kepala. Jumlah populasi surili di TNUK sangat kecil dan terancam punah.

Maskot Jambore Daerah III Pramuka Banten Tahun 2019 bernama “ SI LILON “ yang merupakan singkatan dari “ Surili Ujung Kulon “.

Maskot SI LILON menggunakan seragam pramuka penggalang legkap dengan atribut dan mengenakan Lomar Suku Baduy yang mempresentasikan Pramuka Penggalang Kwarda Banten yang baik dan cerdas. Tangan Tangan memegang tongkat berwarna merah serta tangan kiri melambaikan tangan sebagai simbol kader pemimpin yang kesatria dan simbol penyapaan yang ramah kepada peserta Jambore Daerah III Pramuka Banten Tahun 2019 di bumi perkemahan Cikujang Pandeglang.

Continue Reading

Berita Kwarda

KMD / KML Kwarda Banten Tahun 2019

Published

on

Untuk memberikan bekal kepramukaan bagi bagi para pembina pramuka ditingkat gugusdepan khususnya diwilayah Kwarda Banten, Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Banten mengadakan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan ( KML ), Kegiatan ini dilaksanakan mulai 18 – 23 Oktober 2019.

Upacara pembukaan dilaksanakan pada hari Jum’at (18/10) bertempat di Aula Kwartir Daerah Banten. Dihadiri oleh Wakil Ketua Kwarda Bidang Binawasa Ka H. Cepi Saprul Alam Sebagai Pembina Upacara, Ketua Pusdiklatda Banten Ka A. Juhaeni, Sekretaris Kwarda Ka Satibi, Para Pelatih dari Kwarda Banten dan Kwarcab, Para Andalan Daerah Kwarda Banten, serta seluruh peserta KMD/KML Kwartir Daerah Banten Tahun 2019.

Dalam Upacara pembukaan secara resmi dan simbolis dilaksanakan penyerahan tunggul Latih dari Ka Pusdiklatda ke Pimpinan Kursus (Kak Dadan Suhendar) dan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta KMD dan KML. Dalam kegiatan ini, peserta berjumlah 160 orang dengan rincian Peserta KMD berjumlah 80 Orang dan Peserta KML 80 Orang.

Secara resmi pembukaan acara dibuka oleh Wakil Ketua Kwarda Banten, Drs. H. Cepi Saprul Alam dimana dalam sambutannya mengatakan hendaknya semua peserta dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir tanpa terputus sehingga materi kursus dapat diserap dengan baik. Dalam kegiatan kursus ini para peserta akan dibekali dengan keterampilan Kepramukaan Siaga dan Keterampilan Kepramukaan Penegak, Administrasi Gugusdepan, Struktur Organisasi Gudep dan Nasional, Praktek Kegiatan Scouting Skill dan Out door Activity di Halaman Kwarda Banten dimulai hari Jum’at, 18 Oktober 2019. Dengan waktu yang bersamaan H Cepi juga resmi membuka giat Jota Joti Kwarda Banten, giat Jota Joti sendiri dilaksanakan mulai 18 – 20 Oktober 2019.

Selanjutnya ka Cepi berharap Semoga kegiatan Kursus Mahir Dasar ( KMD ) dan Kursus Mahir lanjutan ( KML ) Kwartir Daerah Banten ini berjalan dengan lancar dan harapannya semoga membawa kebaikan bagi kemajuan di Pramuka secara keseluruhan. ( K’Zhe )

Continue Reading

Berita Nasional

Kegiatan Internasional Pramuka Asia-Pasifik di Batam

Published

on

Batam – Gerakan Pramuka Indonesia menjadi tuan rumah Kegiatan Internasional pertemuan kerja dari Komite Asia Pasifik pada tanggal 17-21 Oktober 2019 di Hotel Harris Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Beberapa Kegiatan yang akan di laksanakan di Batam antara lain:
1. WOSM/Asia-Pacific Regional Scout Committee Meeting*_ (Pertemuan Komite Pramuka Kawasan Asia Pasifik) pada tanggal 18-21 Oktober 2019
2. WOSM/APR Communication & Partnership Sub-Committee Meeting*_ (Pertemuan Sub-Komite Komunikasi dan Kemitraan APR) pada tanggal 18 Oktober 2019
3. WOSM/APR Strategy Monitoring Task Force Meeting (Pertemuan Gugustugas Pengawasan Strategi APR) pada tanggal 18 Oktober 2019
4. ASEAN Scout Association for Regional Cooperation (ASARC) Meeting (Pertemuan Asosiasi/Organisasi Pramuka ASEAN/Se-Asia Tenggara) pada tanggal 18 Oktober 2019
5. Jamuan Makan Malam Selamat Datang dari Walikota Batam* pada tanggal 18 Oktober 2019
6. Kunjungan Pembukaan Kegiatan Kemah Besar dan JOTA-JOTA Kwarcab Batam* tanggal 18 Oktober 2019 sore.
7. Association of Top Achiever Scout (ATAS) Gathering*_ (Pertemuan anggota Asosiasi Pramuka Garuda bersama Presiden ATAS Dunia Simon Rhee) pada tanggal 19 Oktober 2019.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut selanjutnya dinamakan ‘Batam Meeting’.

Konfirmasi terakhir peserta yang akan hadir sampai saat ini adalah 53 orang terdiri atas;
– Komite APR pimpinan Kak Ahmad Rusdi dan Biro APR pimpinan JR. Pangilinan
– Pengurus Komite Dunia (World Scout Committee); Mr. Peter Blatch dan Mr. Janaprith
– Para Pengurus Sub Komite Communication & Partnership dengan salah satu anggotanya adalah Kak Berthold DH Sinaulan dan Anggota APR Strategy Monitoring Taskforce
– Para Ketua Kwarnas Negara-negara ASEAN, antara lain; Ka. Kwarnas Brunei Darussalaam, Ka. Kwarnas Filipina, Ka. Kwarnas Singapura (Ketua ASARC) dan Ka. Kwarnas Timor Leste
– Komisioner Internasional/Wakil Ketua Kwarnas yang hadir, antara lain; Vietnam, Malaysia dan Thailand.
– Ketua Kwarnas Korea Selatan yang juga merangkap sebagai Ketua Komite Penghargaan APR dan Presiden ATAS Dunia serta mantan Ketua Komite WOSM, Mr. Simon Rhee.
– Tim Asistensi Kwarnas 4 orang.
– Kehadiran Sekjen WOSM, Ahmad Alhendawi masih dalam konfirmasi.

Kegiatan ini didukung dengan baik oleh Pemerintah Kota Batam dan Kwarcab Kota Batam Personil kepanitiaan, jamuan makan malam dan tur kota Batam dan lain-lain. Kwartir Nasional dalam hal ini sudah menerbitkan Surat Keputusan Kwarnas tentang Kepanitiaan dengan Tim Asistensi dipimpin oleh Kak Mohamad Laiyin (Sekretaris Komisi Kerjasama Luar Negeri) dan Panitia Pelaksana dipimpin langsung oleh Kak Jeffridin selaku Ketua Harian Kwarcab Kota Batam dan sekaligus menjabat sebagai Sekda Kota Batam.
Selain itu kegiatan didukung oleh Pembina Pramuka Sekolah Indonesia Singapura, Sukarelawan Pramuka bekerjasama dengan Asosiasi Pramuka Singapura karena pada transit di bandara Singapura.

Semoga dengan dukungan semua pihak, Gerakan Pramuka Indonesia yang sejak lama dikenal sebagai tuan rumah kegiatan internasional yang paling ramah dan berkesan tetap dapat kita jaga. Sejalan dengan semangat Kakak Budi Waseso Ketua Kwarnas dalam Dasakarya untuk membuat Gerakan Pramuka memiliki peran yang lebih besar dalam dunia International dan Global.

Teks: Kak Mohammad Laiyin Nento
(Sekretaris Komisi Kerjasama Luar Negeri
Ketua Tim Asistensi Giat ‘Batam Meeting’)
Foto: Dok. Panitia

Continue Reading

Berita Utama

Copyright © 2019. Humas Kwarda Banten.

New offer: This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss